Kamis, Juni 11, 2009

Pengembaraan Dr. Karl May (Seri Benua Amerika)

Aku mengenal karya Dr. Karl May sejak sekolah di SMA Negeri 1 Solo, tahun 1980-1983. Dr. Karl May (1842-1912) adalah pengarang cerita petualangan asal Jerman yang paling populer. Buku-buku tentang pengembaraannya di benua Amerika (dengan tokoh utama Winnetou dan Old Shatterhand) kupinjam dari perpustakaan sekolah. Seri pengembaraan di benua Amerika terdiri dari:
1. Winnetou Ketua Suku Apache
2. Pemburu Binatang Berbulu Tebal di Rio Pecos
3. Rahasia Bison Putih
4. Llano Estacado
5. Gunung Setan Di Rocky Mountains
6. Putera-putera Suku Mimbrenyo
7. Old Shatterhand sebagai Detektif
8. Harta Terpendam dalam Danau Perak
9. Raja Minyak
10. Mustang Hitam
11. Surat Wasiat Inca
12. Winnetou Gugur
13. Wasiat Winnetou
Tahun 1989 aku dan Herlan mulai mengkoleksi buku seri pengembaraan di benua Amerika itu. Sayang sekali hanya sampai Raja Minyak yang dapat kami peroleh. Kami kehabisan buku mustang hitam, surat wasiat Inca, Winnetou gugur dan wasiat Winnetou. Buku yang kami koleksi masih terbitan Pradnya Paramita tahun 1978. Sekarang kayaknya seri pengembaraan di benua Amerika ini diterbitkan lagi, kalo gak salah oleh penerbit Gramedia. Kalo nanti sudah terbit 4 buku yang aku belum punya itu aku ingin membelinya untuk melengkapi koleksiku.

1 komentar:

Pasar Ireng mengatakan...

Salam hormat Ibu pemilik blog MaShare :)

Senang sekali membaca tulisan anda pd blog ini ttg buku2 Karl May :)

Perkenalkan saya dari Jakarta,
Saya penggemar buku2 Winnetou-Old Shatterhand juga spt ibu, khususnya 'Versi lama Yang diterbitkan oleh Penerbit Pradnya Paramita' seperti yg ibu miliki sbgmn tertulis dalam artikel diatas.
Menurut saya, yg versi Pradnya Paramita itu jauh lebih enak dibaca dan lebih 'artistik' drpd yg versi2 baru.

Senang sekali tentunya ibu memiliki koleksi tsb walau seperti ibu tulis, blm lengkap.
Namun ibu lebih beruntung daripada saya.
Saya sudah bertahun-tahun berusaha mati2an cari di internet, menulis di bbrp forum dsb,, walau cuma sekedar utk mendapatkan ketikan/pdf-nya ataupun hasil scan dari buku jadoel aslinya, namun sedikit sekali berhasil, alias lebih banyak yg tidak tertemukan, apalagi komplit. Dan nampaknya untuk mendapatkan buku asli (fisik-kertas) nyapun sudah dan akan semakin sulit.

Oleh karena itu ingin sekali saya menyampaikan keinginan saya kpd ibu, andai dapat kiranya saya diperbolehkan utk mendapatkan 'hasil scan' dari buku2 dimaksud, bukan untuk alasan pembajakan ataupun bukan pula untuk alasan2 komersial tentunya,..namun semata untuk melestarikannya dan mengumpulkan sedikit2 dalam bentuk digital sampai bisa lengkap/komplit.

Saya bersedia membantu proses scanning-nya dan/atau lain sebagainya utk hal itu, namun kendala jarak (saya di Jakarta) mungkin bisa menjadi penghalang. Sungguhpun begitu saya tetap berharap InshaAllah keinginan tsb dapat terwujud.
Silahkan menghubungi e-mail saya: pasarireng@gmail.com jika berkenan, bu.

Sekian dulu komen saya yg cukup panjang ini mudah2an dapat dimaklumi. Mohon maaf sekiranya mengganggu.

Hormat saya,
pasarireng