Jumat, Juni 19, 2009

The Curious Case of Benjamin Button

Ini hari Kamis, dan aku pengin mengulas film yang belum lama ini aku tonton DVD nya, yaitu The Curious Case Of Benjamin Button.

Film ini disutradari oleh David Fincher. Bintang utama film ini adalah Brad Pitt dan Cate Blanchett. Kisah film ini agak nyleneh karena merupakan anomali dari keadaan umum yang berlaku dan malah seperti melawan takdir. Ini karena pada umumnya orang terlahir dengan fisik bayi, menjadi kanak2, remaja, dewasa, tua dan mati. Pada film ini Benjamin Button lahir dengan fisik kakek umur 85 tahun, dan semakin ‘tua umurnya’ (di dunia) fisiknya menjadi semakin muda dan akhirnya mati dalam fisik seorang bayi…

Film ini merupakan kisah kehidupan yang tragis dan menyentuh hati. Ceritanya merupakan kilas balik. Diawali oleh Daisy yang lagi sekarat di rumah sakit New Orleans, meminta putrinya, Caroline (diperankan oleh Julia Ormond), untuk membacakan buku harian Benjamin.

Benjamin lahir pada tahun 1918, ibunya meninggal saat melahirkannya. Karena fisiknya yang mengerikan seperti orang tua 85 tahun, ayah Benjamin menelantarkannya dan membuangnya di depan pintu sebuah panti jompo. Queeny, wanita yang bekerja di panti jompo lalu mengadopsinya. Benjamin tumbuh di lingkungan para lansia. Meskipun usianya masih muda, fisik Benjamin tidak jauh berbeda dengan para lansia di panti jompo tersebut.
Di tempat itulah dia berkenalan dengan Daisy, gadis kecil yang menjenguk neneknya di panti jompo itu. Saat berkenalan Daisy berumur 8 tahun sedangkan Benjamin muda terbungkus dalam fisik laki-laki 70 tahun. Bertahun-tahun kemudian mereka tetap saling berkontak, akhirnya jatuh cinta dan memutuskan menikah dan memiliki seorang puteri. Tragisnya adalah Benjamin melihat istrinya bertambah tua sedangkan dia menjadi semakin muda fisiknya. Akhirnya dia memutuskan meninggalkan istri dan anaknya yang masih bayi. Waktu berselang, Daisypun menikah lagi.
Suatu ketika Daisy yang sudah tengah baya memperoleh kabar dari sebuah panti asuhan yang memintanya datang ke panti tersebut dan menengok seorang anak, yang ternyata adalah Benjamin. Sejak saat itu, Daisy rajin menyambangi panti asuhan itu, merawat Benjamin yang fisiknya makin berubah seperti bayi hingga ’bayi’ Benjamin, mati di pelukannya.
Endingnya buku harian selesai dibaca, Caroline menyadari kalau Benjamin adalah ayahnya, dan Daisy yang sekarat meninggal....
Brat Pitt main bagus di film itu. Berkat make up dan efek khusus, dia bisa memerankan Benjamin dari umur 85 hingga 13 tahun.

Studio: Paramount (165 menit)

Tidak ada komentar: