Senin, Desember 08, 2014

‘Orodispersable Tablet’ (Bagian 2 dari 2 Tulisan)



Hari ini kulanjutkan tulisanku Senin yang lalu-laluuuuu, tentang Cara Pembuatan dan Evaluasi Orodispersable Tablet (OT).

Cara Pembuatan:
Secara umum OT dapat dibuat dengan metoda cetak manual (molding), cetak dengan mesin (compacting), spray-drying dan freeze drying. Selain itu secara khusus OT dapat pula dibuat dengan metoda ‘melt granulation’, transisi fasa dan sublimasi.

Metode cetak manual (molding) dilakukan dengan cara mengayak, membasahi zat aktif obat selanjutnya mendispersikannya dalam pelarut dan mencetak campuran yang lembab tersebut hingga menjadi bentuk tablet. Gaya kempa atau tekanan yang diterapkan pada metode cetak manual ini biasanya rendah atau kecil, lebih kecil daripada bila menggunakan metoda cetak dengan mesin (compacting). OT yang dibuat dengan metode ini memiliki struktur berpori dan rapuh, sehingga seringkali memersulit dalam penanganannya.

Metode cetak dengan mesin (compacting) dapat dilakukan dengan cara cetak langsung, granulasi basah maupun granulasi kering.Disintegran yang sering digunakan dalam formulasi OT antara lain crosspovidone, croscarmellose sodium, sodium alginate dan turunan asam akrilat.

Bila menggunakan metoda Spray-drying yang biasa digunakan adalah gelatin atau gelatin terhidrolisa sebagai bahan penunjang matrik (pengikat), manitol sebagai bahan pembantu utama dalam pembuatan OT, dan sodium strach glycolate atau croscarmelose sodium sebagai disintegrant. Campuran ini selanjutnya disemprotkan dalam aliran udara kering dengan suhu dan tekanan tinggi sehingga akan tersisa massa yang kering. Massa kering ini selanjutnya bisa dijadikan OT dengan cara molding ataupun compacting.

Mengingatkan lagi, bahasan ini bukan karanganku sendiri ya tapi kuambil dari publikasi ilmiah , terutama dari Journal of Natural Science, Biology and Medicine |July 2010| Vol 1| Issue 1., judul publikasinya Orodispersible Tablets: A New Trend in Drug Delivery, penulisnya Paramita Dey dan Sabyasachi Maiti.

Tidak ada komentar: