Jumat, Maret 07, 2014

Taqwa Menurut Ali Bin Abi Thalib, ra



Kamis kemarin adalah harinya aku belajar Tafsir Al Qur’an. Ini bonus ilmu yang kuperoleh dari ustadzku kemarin.
Banyak definisi tentang taqwa (kepada Allah SWT). Menurut Ali bin Abi Thalib, ra,:
At Taqwa:
1.     1. Al  khaufu minal jaliil, takut pada Yang Maha Mulia. Artinya orang yang bertakwa itu adalah orang yang takut kepada Allah SWT. Implementasinya dia menjaga agar yang ditakutinya selalu ridlo, dengan cara menjalankan yang diperintahkanNya dan menjauhi semua yang dilarangNya.
2.    2. Al ‘amalu bittanziil, mengamalkan yang diturunkanNya. Artinya orang yang bertakwa itu mengamalkan semua kalam yang sudah diturunkanNya dalam Al Qur’an. Implementasinya menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup.
3.    3. Waridhaa bil qaliil, ridha dengan kenikmatan yang sedikit. Artinya bagi orang yang bertakwa nikmat yang sedikitpun diterima, disyukuri, apalagi nikmat yang melimpah ruah.  Implementasinya tidak mengeluh, ridla, sabar dan senantiasa bersyukur dalam keadaan sempit dan lapang.
4.    4. Al  ista’daadu liyaumirrahiim, siap sedia menghadapi hari kepergian. Artinya orang yang bertakwa itu adalah orang yang selalu mengingat mati. Implementasinya adalah tiada hari tanpa mempersiapkan bekal untuk akhirat nanti, dalam bentuk senantiasa menjalankan ibadah ritual wajib dan sunnah, membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an, dan senantiasa memperbanyak amalan yang shalih.

Ayo introspeksi diri kita sendiri, kalo kita mengklaim bertakwa kepada Allah Azza Wa Jalla, berapa dari poin di atas yang sudah kita implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari...?

Tidak ada komentar: