Jumat, Juli 10, 2009

Surah Fushshilat (Yang Dijelaskan) QS 41: 19-25

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Anggota tubuh manusia akan menjadi saksi di hari kiamat terhadap perbuatan di dunia…

19. Dan (ingatlah) hari (ketika) musuh-musuh Allah digiring ke dalam neraka lalu mereka dikumpulkan (semuanya)

20. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan, dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.

21. Dan mereka berkata kepada kulit mereka, “Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?”. Kulit mereka menjawab, “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dialah yang menciptakan kamu pada kali yang pertama dan hanya kepadaNyalah kamu dikembalikan”.

22. Kamu sekali-kali tidak dapat bersembunyi dari persaksian pendengaran, penglihatan, dan kulitmu terhadapmu, bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan.

23. Dan yang demikian itu adalah prasangkamu yang telah kamu sangka terhadap Tuhanmu, prasangka itu telah membinasakan kamu, maka jadilah kamu termasuk orang-orang yang merugi.

24. Jika mereka bersabar (menderita azab) maka nerakalah tempat diam mereka dan jika mereka mengemukakan alasan-alasan, maka tidaklah mereka termasuk orang-orang yang diterima alasannya.

25. Dan Kami tetapkan bagi mereka teman-teman yang menjadikan mereka memandang bagus apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka dan tetaplah atas mereka keputusan azab pada umat-umat yang terdahulu sebelum mereka dari jin dan manusia; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi.

-----------------------

Na’uudzubillaahi min dzaalik, semoga kita semuanya tidak tergolong pada kaum yang merugi seperti yang diungkapkan pada ayat-ayat di atas. Untuk itu kita benar-benar harus menjaga segala kelakuan kita agar senantiasa berpegang pada tali ajaran agama kita, agar semua anggota tubuh kita kelak hanya memberikan persaksian yang baik. Semoga Allah yang Maha Kuat, memberi kita kekuatan untuk melaksanakan itu. Amin.

Tidak ada komentar: