Jumat, Februari 19, 2010

Sambil Nyetir….

Ini jatah tulisan untuk hari Rabu yang telat diposting.....

Aku tau judul di atas rasanya aneh, tidak sesuai kaidah bahasa yang pakem. Tapi judul yang aneh itu mewakili apa yang akan aku tulis ini. Mungkin sebaiknya kutulis judul ‘Apa yang dapat anda lakukan sambil mengemudi mobil….’. Tapi sudahlah, suka-suka gue dong ngasih judul apa aja di blog gue….

Sudah lebih enam bulan aku kerja di perusahaan yang lokasinya hampir mendekati Lembang. Setiap hari Senin hingga Jum’at kujalani ritual menyetir mobil dari rumahku di Bilangan Sukarno Hatta ke tempat kerjaku di sekitar Lembang itu, yang memerlukan waktu tempuh 1 jam hingga 1 jam seperempat. Tadinya untuk menemaniku waktu nyetir itu ya bunyi radio atau CD yang ada di mobilku. Dari KLCBS, 99 FM, MQ FM, CD Chryst Kayhatu dan Ermy Kulit favoritku hingga lagu dari CD anak-anakku yang ada di mobilku, yang lagunya susah banget dihapalkan. Lama-lama bunyi-bunyian itu membuatku bosan. Capek kuping, gantian yang main adalah mata. Aku jadi antusias menyaksikan yang ada di sekitarku, terutama saat berhenti di lampu merah. Mulai dari mode baju, tas atau jaket para pejalan kaki atau yang naik motor, model variasi mobil, kelakuan santun atau ugal-ugalan sesama pemakai jalan atau bahkan kumis yang rata-rata dimiliki oleh bapak polisi. Lama-lama mata bosen juga. Aku sempet terprovokasi temen yang hobbi olah raga yang katanya sambil nyetirpun dia bisa bersenam. Aku ikuti katanya, sambil nyetir aku bersenam leher, mulut/muka, mengepal tangan, memutar telapak kaki, bahkan latihan Kegel juga…he..he… Tapi lama-lama tetep saja aku bosen.

Telinga sudah, mata sudah, anggota badan sudah….akhirnya kutemukan yang amazing…dengan mulutku. Awalnya MQ FM yang mengajariku untuk dzikir ma’tsurat sesudah shalat shubuh. Berhubung sesudah shalat shubuh sukar sekali aku praktekkan, makanya aku praktekkan di mobil saat berangkat kerja. Dan ternyata mengasyikkan, tanpa gangguan interupsi, selesai dari awal hingga akhir. Alhamdulillah. Malah sekarang aku jadwalkan untuk dzikir asmaul husna. Percaya atau tidak, sekarang aku tidak rusuh lagi meski jalanan macet, rasanya tau-tau sudah di tikungan terakhir sebelum sampai di tempat kerjaku. Rasanya hati tenang dan semangat bekerja tinggi. Anda masih gak percaya??? Silakan coba aja sendiri….siapkan mobil anda, starter dan keluar dari garasi. Jangan lupa baca bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi, bismillaahi majrihaa wamursaaha innarabbi laa ghafuururahiim…. Trus mulailah dzikir ma’tsurat anda, dari AlFatihah, Al Baqarah 1-5, Ayat Qursi dst…dst….

Tidak ada komentar: